Thursday, January 14, 2016

[Book Review #116] Aku Bilang Tolong

Penulis: Noor H. Dee
Ilustrator: Iput
Editor: Nurhadiansyah
Proofreader: Lian Kagura
Penerbit: Noura Books
Cetakan: pertama, Agustus, 2015
Tebal: 20 halaman
ISBN: 978-602-385-014-3
Rating: 4 dari 5 bintang
Bisa didapatkan di: Mizan Store
Tipe buku: Board Book
Label usia: 1+

Blurb:

Naura dan Kiko ingin bermain boneka.
Naura meminta tolong Bunda untuk mengambil boneka beruang, kelinci, dan gajah.
“TOLONG!”

Review:

Setelah punya Naura, mungkin genre bacaan saya saat ini akan lebih condong ke buku anak. Selain memang tidak sempat lagi membaca buku tebal, kendala malas juga sering melanda. Selain itu, membaca buku untuk Naura bisa saya lakukan lebih dari 1 kali dalam sehari. Alhamdulillah... Naura juga tidak jauh dari saya, kami sama-sama suka dengan buku. Diajak ke toko buku ataupun hanya sekedar melihat buku tergeletak di mana-mana Naura akan langsung girang bukan main, mengalahkan kesukaannya terhadap boneka dan mainan lainnya.

Saya sengaja memilih buku ini karena kebetulan nama tokohnya sama dengan Naura. Dan dengan gambar ilustrasi lucu juga halaman yang penuh warna, buku ini selalu jadi salah satu favorit Naura.

Buku Seri Anak Hebat ini berjumlah 7 buku dan baru terbit 5 buku saja. Tema yang diambilnya simpel dan seperti pesan yang tertulis pada bukunya bahwa buku ini mengajarkan kata-kata yang baik sehingga akan menumbuhkan empati serta melejitkan kecerdasan emosi dan sosial anak.

Tokoh-tokoh dalam buku ini atau Seri Anak Hebat lainnya berputar sekitar Naura, kakaknya Nabil, ayah, dan bunda. Dengan gambar yang sederhana, lucu, dan berwarna membuat buku ini menarik perhatian anak. Ya... hitung-hitung selain mendongengkan Naura, Naura juga melakukan sensory play yang merangsang indera-inderanya.


Seperti judulnya, buku ini mengajarkan anak untuk tidak lupa mengatakan tolong saat meminta bantuan orang lain dengan kalimat sederhana yang pastinya akan sering dilakukan si anak nantinya. Label usia untuk buku ini sebetulnya untuk 1 tahun ke atas, tapi karena saya memang ingin mengenalkan buku pada Naura sejak dini jadi buku ini menjadi pilihan, Dan Alhamdulillah respon Naura baik sekali.


Secara keseluruhan saya merekomendasikan buku ini baik untuk anak di atas 1 tahun atau kurang, karena board book jadi buku ini bisa juga dengan mudah dimainkan oleh anak dan melatih kemampuan tangannya untuk membuka tiap halaman. Dari segi cerita pun, saya suka sekali. Titik kekurangannya hanya pada isi halamannya yang menurut saya terasa kosong. Saran saya, untuk halaman gambar, akan lebih bagus lagi jika diberikan gambar latar. 4 bintang untuk buku Aku Bilang Tolong ini.

Seri Anak Hebat:
- Aku Bilang Tolong
- Aku Bilang Terima Kasih
- Aku Bilang Maaf
- Aku Bilang Bismillah
- Aku Bilang Assalamualaikum
- Aku Bilang Alhamdulillah
- Aku Bilang Masya Allah

2 comments: