Tuesday, February 25, 2014

Dare to Say #2



Sudah agak lama juga saya gak ikut meme ini karena beberapa kesibukan ngabisin timbunan ditambah dengan kerjaan yang menggunung. Terakhir posting meme ini tuh pas edisi perdananya dan itu sudah beberapa bulan yang lalu. Nah, berhubung karena kali ini Chei menyelenggarakan giveaway, saya menyempatkan diri untuk menulis postingan ini. Siapa tahu dapet hadiahnya. Amiin *langsung semangat begitu ada hadiahnya* XD

Sebenarnya sih waktu selesai baca buku yang akan saya akan bahas di sini itu, rencananya mau langsung saya posting Dare to Say-nya. Ini pun sebetulnya adalah draft yang berbulan-bulan tertunda dan belum saya publish.

Sekian intermezzonya. Buku yang menurut saya overrated itu adalah Alanna: Song of Lioness karya dari Tamora Pierce.

Review: di sini

Ekspektasi saya melambung tinggi saat akan membaca buku ini. Dan berdasarkan rating dari Goodreads yang juga memang tinggi, saya dibuai akan anggapan itu dan prediksi awal saya, nanti saya akan memberikan rating sekitaran 4-4.5 bintang.

Saya cukup antusias saat membaca dari awal sampai setengah bukunya, apalagi genre fantasi adalah genre favorit saya. Tekad Alanna untuk menjadi ksatria walaupun ia seorang perempuan membuat saya kagum. Apalagi pada tahun 1983 saat Tamora Pierce menulis buku ini, kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki masih belum terlalu ramai dibicarakan.

Namun, makin ke belakang makin banyak saya menemukan hal-hal yang bertentangan. Mulai dari bagaimana mudahnya Alanna mendapatkan sesuatu, beberapa adegan yang tidak saya suka, sampai dengan ending yang biasa aja.

Untuk akhirnya, saya hanya bisa memberikan nilai 3 bintang saja, itu pun terangkat karena sampul depannya yang bagus.

Mau ikutan Dare to Say juga? Ini caranya: 
  • Follow Book Admirer atau tambahkan di blogroll kamu. Bisa juga follow lewat email :) 
  • Buat posting tentang buku yang kamu baca dan ternyata tidak sesuai dugaan, harapan, rating GR, rekomendasi teman, baik lebih bagus atau lebih jelek. Kasih tau apa yang awalnya kamu harapkan (rating awal) dan apa yang kamu dapatkan (rating akhir). Underrated or overrated? :) 
  • Oh ya, boleh juga kok kalau kamu mau share pengalaman kamu tentang komen yang muncul soal buku yang udah kamu baca/review. Banyak yang menganggap kamu menilai suatu buku terlalu rendah/tinggi? Silahkan sampaikan pembelaanmu dengan baik :D 
  • Masukkan link postingan kamu ke Mr.Linky yang sudah disediakan di akhir post. Kalau mau, boleh tambahkan button ‘Dare to Say’ juga di postinganmu :D 
  • Penasaran pengen baca pengakuan para pembaca buku, kan? Rajin-rajin ya, berkunjung ke sesama peserta! ;)

4 comments:

  1. Wah, padahal buku ini masuk wishlistku. Lagi diskon gede-gedean di bukabuku.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan percaya diskon gede2an di bukabuku. Ini juga beli di bukabuku, eh terus diskonnya diralat sama dia :))

      Delete
  2. Ini buku ramai sekali dibicarakan. Apalagi pas diskon akhir tahun kemarin :))

    Tapi entah kenapa saya belum tertarik untuk membacanya. Dan Tammy sedikit "membuka" mataku mengenai kisahnya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal baca aja, biar tau juga. Hehe :))

      Delete