Tuesday, February 25, 2014

[Book Review #80] Oppa & I: Love Mission

Penulis: Orizuka dan Lia Indra Andriana
Penyunting: NyiBlo
Penerbit: Haru
Cetakan kedua, Januari 2013
Tebal: 220 halaman
ISBN: 978-602-7742-09-3
Rating: 3 dari 5 bintang 
Bisa didapatkan di: Bukukita

Blurb:

Jae In:
Oppa.
‘Cinta’ itu sebenarnya apa?
Kenapa ia tidak bisa membuat orang-orang tetap tinggal?
Katakan padaku, aku harus bagaimana?

Jae Kwon:
Jae In-a.
Tak usah cemas, ada Oppa di sampingmu, kan?
Kita akan melalui semuanya bersama. Kau hanya harus percaya pada Oppa!

Buku sebelumnya:
Oppa & I

Review:

Saat ini teman-teman sekelas Jae Kwon dan Jae In sudah mengetahui bahwa mereka adalah saudara kandung. Jadi mereka tidak perlu lagi berpura-pura akan status masing-masing. Setelah Jae Kwon mengundurkan diri sebagai pemain sepakbola, kini ia mengejar impiannya menjadi seorang dubber. Baik oleh keluarga dan teman-temannya, pilihan itu Jae Kwon itu didukung mereka dengan tulus. Namun, lain dengan Hye Rin, sejak Jae Kwon menjadi dubber, Hye Rin semakin menjauhinya.

Masalahnya belum cukup sampai di situ, ayahnya tiba-tiba meninggalkan rumah dan hanya memberikan pesan singkat pada Jae Kwon untuk menjaga ibunya dan Jae In.

Karena pesan singkat itu, akhirnya Jae Kwon dan Jae In menyelidiki keberadaan ayahnya saat ini. Sampai tiba pada suatu hari, teman ayahnya memberikan alamat sebuah apartemen pada Jae In tempat ayahnya kini berada. Namun, selain ayahnya, Jae In menemukan orang lain di sana. Choi Seung Won. Bahkan Jae In sampai dipanggil Stalker Park oleh Seung Won karena sikapnya terlihat mencurigakan waktu itu.

Bersama-sama, Jae Kwon dan Jae In menyelesaikan masalah mereka satu per satu. Jae In juga mulai bisa menerima kehadiran teman-temannya, Sa Ra dan Ha Neul.

"Kalau kau tak pernah menyampaikan apa yang ada di dalam hatimu, orang lain tidak akan pernah tahu. Kau bisa mengatakan pada mereka kalau kau bisa dipercaya. Kalau kau bisa membagi beban mereka denganmu." - hal. 136

Saya suka dengan sampul depan buku ini. Di sana terlihat Jae Kwon sedang memayungi Jae In sambil tersenyum. Dari ekspresinya dan sikapnya bisa terlihat kalau Jae In itu sangat disayang dan dilindungi oleh Jae Kwon. Namun sayang, bahan kertas sampul buku ini jika sudah dibuka dari plastik segelnya, melengkung ke arah luar. Mungkin Haru ke depannya bisa mengganti bahan sampul tersebut dengan yang lebih tebal supaya tidak melengkung lagi :D

Sudut pandang dalam buku kedua ini tetap memakai pergantian sudut pandang orang ketiga jamak, Jae Kwon dan Jae In. Tapi menurut penilaian saya, sepertinya bagian Jae Kwon lebih mendominasi dibandingkan dengan bagian Jae In. Mungkin karena Orizuka dan Lia sepertinya memang merencanakan akan membahas semua masalah dan kejadian pada Jae Kwon dan Jae In, dan kebetulan untuk buku ini Jae Kwon lebih banyak.

Jika pernah membaca buku pertamanya, karakter yang ada dalam buku ini tidak terlalu banyak. Hanya seputar teman-teman dan keluarga Jae Kwon dan Jae In. Begitu pula dengan buku ini, karakternya tidak bertambah tapi interaksi antarkarakternya dipererat sehingga membuat saya bisa lebih mengenal karakter mereka masing-masing.

Adegan yang paling saya suka itu terletak pada klimaks sekaligus ending buku ini. Di mana adegan tersebut melibatkan ayah dan ibunya selain Jae Kwon dan Jae In. Adegan itu juga yang membuat saya terharu dan berkaca-kaca >.<

Tema yang diangkat oleh Orizuka dan Lia dalam buku ini adalah tentang kejujuran dan kepercayaan. Bagaimana sebuah kejujuran itu justru akan membuat orang lain tidak salah paham dan kepercayaan itu dapat mempererat hubungan. Selain jumlah halamannya yang sedikit alias bukunya yang terlalu tipis, secara keseluruhan saya menyukai semua cerita dari Jae Kwon dan Jae In. 3 bintang untuk berhasilnya love mission Jae Kwon dan Jae In.

Review ini diikutsertakan dalam:
- Indonesian Romance Reading Challenge 2014
- Lucky No. 14 Reading Challenge (kategori Freebies Time)
- 2014 TBRR Pile
- Young Adult Reading Challenge 2014
- Indiva Readers Challenge 2014

2 comments:

  1. Wah, aku malah belum baca serial Oppa & I nih.... >.<

    Yuk, ikutan Orizuka’s Book Reading Challenge 2014 di blogku ;)
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/04/orizukas-book-reading-challenge-2014/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak punya banyak buku Orizuka, cuma 3 aja. Ga berani ikutan challenge ._.

      Delete