Friday, January 31, 2014

[Book Review #71] Oppa & I

Penulis: Orizuka dan Lia Indra Andriana
Penyunting: NyiBlo
Penerbit: Haru
Cetakan keenam, April 2013
Tebal: 156 halaman
ISBN: 978-602-98325-3-2
Rating: 3 dari 5 bintang 
Bisa didapatkan di: Yes24

Blurb:

Park Jae In:
‘Oppa’.
Apa panggilan itu tidak terdengar lucu? Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?
Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?
Apa kau senang melihatku seperti ini?

Park Jae Kwon:
Jae In-a.
Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini? Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!
Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!

Oppa akan melindungimu!

Review:

Jae In tiba di Korea bersama ibunya. Setelah ayahnya, Jae Bin mengajukan rujuk pada ibunya, Sandy. Datang ke Korea dan bertemu dengan ayahnya kembali sama seperti menoreh pada luka di hatinya. Terutama saat melihat kembaran fraternalnya, Jae Kwon. Jae In merasa dikhianati akan sikap saudara kembarnya selama ini dan belum memaafkannya. Ia selalu berpikir ayah dan kakaknya tidak peduli padanya.

Hari pertama sekolah pun tiba, Jae In harus masuk ke sekolah dan berada di kelas yang sama dengan Jae Kwon. Karena rasa tidak sukanya yang sangat pada Jae Kwon, Jae In meminta saudaranya untuk merahasiakan hubungan mereka. Jae In pun tidak repot-repot untuk mencoba mengenal teman sekelasnya dan terus berlaku sewajarnya saja pada mereka. Padahal mereka semua ingin mengenal Jae In sebagai teman sekelas yang baru.

Begitu pula dengan Seung Won. Laki-laki yang bercita-cita menjadi aktor ini juga menaruh perhatian pada Jae In. Tapi karena curiga pada kedekatan Jae In dan Jae Kwon, Seung Won tidak berani mendekat.

"Terkadang, sebesar apa pun sebuah harapan, kenyataan berkata lain." - hal. 41

Awalnya saya baca buku seri Oppa & I itu justru loncat baca buku ketiganya karena dapat buntelan dari Penerbit Haru (review di sini). Dari hasil membaca buku ketiganya saya suka dengan buku ini dan memang ingin membaca buku 1 & 2-nya. Beruntung saya bisa mendapatkan buku ini sebagai hadiah dari giveaway-nya Jo di blognya Joovirginia's Book Review. Dan alhamdulillahnya, saya langsung dapat 1 set alias buku 1 sampai 3. Horeeee...

Bukunya tipis dan bisa dibaca dalam sekali duduk saja. Saya tidak kesulitan membaca bukunya dan hanya menghabiskan waktu satu setengah jam saja dalam perjalanan kereta Cirebon - Jakarta. Walaupun saya memang sudah tahu ending seri ini seperti apa, tapi membaca buku pertamanya membuat saya jadi mengenal bagaimana awal mula Jae In dan Jae Kwon terpisah lalu bersatu kembali.

Saya suka dengan tema keluarga (di samping tema cinta) dalam buku ini. Jae Kwon adalah seorang contoh seorang kakak yang baik untuk Jae In. Ia selalu melindungi dan berusaha membuat adiknya bahagia. Sikap Jae In juga di sini, gak salah-salah amat. Kalau saya memposisikan diri menjadi Jae In lalu harus dipisahkan, rasanya memang seperti dikhianati oleh belahan jiwa sendiri. Konfliknya memang ada di Jae Kwon yang tidak mau menjelaskan permasalahannya di awal saat berpisah dengan Jae In, tapi untung saja itu semua selesai. Terus apa permasalahannya? Hihi... sepertinya lebih baik jika membaca buku ini saja daripada harus mendengar saya membeberkannya XD

Buku pertama dari seri Oppa & I ini beralur maju dengan sudut pandang orang ketiga jamak (Jae In dan Jae Kwon). Di review buku ketiga saya, saya mencoba menerka siapa yang menulis bagian Jae In dan siapa yang menulis bagian Jae Kwon. Dan ternyata, waktu Joo mewawancarai Orizuka dan Lia, tebakannya saya benar kalau bagian Jae In itu adalah Orizuka dan bagian Jae Kwon itu adalah Lia (wawancara lengkapnya di sini). Dan untuk yang pernah membaca karya mereka berdua, pasti akan bisa menebak dari gaya tulisannya :D

Pada saat mendekati akhir dan cerita sedang mencapai klimaks, saya dibuat terharu oleh satu adegan di mana Jae In, Jae Kwon, Ayah, dan Ibunya berkumpul bersama untuk merayakan ulang tahun mereka. Ternyata apa yang Jae In pikirkan mengenai ayah dan Jae Kwon ternyata salah. Lalu untuk karakter favorit dalam buku ini saya memilih Jae Kwon yang tulus, jujur, dan selalu ceria pada Jae In.

Untuk keseluruhan, saya suka dengan buku ini. Kekurangannya hanya di ketebalan bukunya yang tidak sampai 200 halaman. 3 bintang untuk Oppa & I :D

Review ini diikutsertakan dalam:
- Indonesian Romance Reading Challenge 2014
- Lucky No. 14 Reading Challenge (kategori Freebies Time)
- 2014 TBRR Pile
- Young Adult Reading Challenge 2014
- Indiva Readers Challenge 2014

3 comments:

  1. Pengen punya ketiga serinya sih :D

    ReplyDelete
  2. Loh, kamu ngereview yang ke 3 dulu baru pertama? Hoho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena waktu itu dapet buku ketiganya harus direview, jadi terpaksa baca buku ketiganya dulu. Hehe XD

      Delete