Saturday, September 28, 2013

[Book Review #25] The Chronicles of Audy: 4R

Penulis: Orizuka
Penyunting: Tia Widiana
Cetakan Kedua, Agustus 2013
Penerbit: Haru
Tebal: 320 halaman
ISBN: 978-602-7742-21-5
Rating: 4 dari 5 bintang

Blurb:

Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.


Review:

Audy takjub melihat nilainya yang bagus pada sebuah komputer di perpustakaan sekolah. Ia pun sadar, nilainya kini cukup untuk mengambil skripsi dan selanjutnya bisa lulus dari jurusan Hubungan Internasional, Fakultas FISIP, UGM. Audy bukanlah berasal dari keluarga berkecukupan, keluarganya saat ini tengah menghadapi lilitan hutang dan bisnis investasi ayahnya yang selalu saja ditipu orang. Karena ayahnya tidak mampu membayar uang kuliah dan indekosnya, Audy akhirnya memutuskan untuk bekerja saat tertarik dengan lowongan pekerjaan sebagai babysitter yang letaknya tidak begitu jauh dari indekosnya.

Di rumah itu Audy berkenalan dengan 4 cowok yang keempatnya berinisial R. Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Audy yang terpesona dengan sosok Regan, langsung menandatanganinya kontrak kerjanya tanpa membaca isinya terlebih dahulu. Dan ternyata... pekerjaannya bukan hanya seputar menjaga Rafael, tapi juga termasuk bersih-bersih, memasak, dan mencuci. Alias menjadi pembantu.

Sampai suatu ketika Audy diusir dari indekosnya dan harus menumpang hidup di rumah tersebut. Lama kelamaan sosok Audy semakin dibutuhkan oleh 4R. Begitu pula Audy, yang juga membutuhkan mereka.

"Mereka telah mengajarkan aku banyak hal, dan aku senang bisa bertemu mereka." - hal. 313

Ini adalah buku tercepat yang saya baca akhir-akhir ini. Pemilihan kata yang simpel dan rasanya dialog keseluruhan bukunya tidak jauh dari bahasa sehari-hari yang membuat saya begitu mudah melahap 320 halaman buku ini hanya dalam perjalanan pergi dan pulang kantor.

Di antara banyaknya buku Orizuka, saya justru baru membaca 2 bukunya saja. Pertama Our Story dan yang kedua adalah ini. Ini menurut pandangan saya melalui kedua buku itu, Orizuka banyak mengalami perkembangan. Ceritanya tidak lagi terburu-buru walaupun alur majunya memang cepat. Saya termasuk orang yang akan 'jatuh pada pandangan pertama' pada sampul bukunya. Suka dengan cara Penerbit Haru meramu buku ini menjadi sebuah paket yang cantik. Apalagi dengan tambahan pinggiran bukunya yang diwarnai pink juga. Makin kece.

Di buku ini walaupun genre-nya romance, tapi kayanya kurang banget sisi romance-nya. Berhubung katanya ada buku lanjutannya, saya pikir mungkin sisi itu akan dikembangkan di buku selanjutnya. Sebetulnya semua bagian dari 4R yang diceritakan saya suka, tapi yang paling berkesan adalah saat bagian Rafael. Interaksi antarkarakter dalam buku ini juga lah yang membuat ceritanya kuat. Di awal buku memang rasanya dangkal kalau Audy menerima pekerjaan itu setengahnya karena terpesona oleh Regan, tapi lama kelamaan ceritanya bertambah seru dan ikatan emosi pada semua tokohnya terdeskripsi dengan baik.

Satu-satunya hal yang mengganggu bagi saya ada di halaman-halaman awal buku ini.


"Setelah lulus, aku akan segera mencari kerja di perusahaan besar untuk menghidupi diriku sendiri. Masa bodoh dengan keluargaku. Aku tak mau tenggelam dalam kemiskinan bersama mereka." - hal. 18

Saya mengerti Audy ini sedang marah, sakit hati, dan kecewa pada kedua orangtuanya. Tapi rasanya, tidak pantas kalimat tersebut ada. Terlebih lagi ini tentang keluarganya sendiri. Agak kecewa aja, kenapa Orizuka bisa menulis itu.

Untuk keseluruhan bukunya, saya suka. Saya rekomendasikan untuk yang ingin mencari bacaan ringan dan menghibur. 4 bintang untuk 4R1A :)

12 comments:

  1. aku sukaaaaa banget buku ini, salah satu buku terbaik yang aku baca tahun ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga sukaaaaa. Bukunya bagus XD

      Delete
  2. Hi mbak tammy :) salam kenal ~~~

    saya termasuk yang suka dengan karangannya Orizuka, (jatuh cinta semenjak Infinitely Yours, hihi) dan well, gaya bercerita orizuka memang berkelibas cepat, mengalir wush :)

    kemarin - kemarin udah mau comot buku ini karena sampulnya yang ultracute >3< tapi terpaksa ragu karena saya ngga gitu suka dengan 'banyak lelaki' di seputar hidup satu heroine (slightly kayak manga-manga jepang yang kesannya mustahil)

    Buuut, setelah baca review mba tammy, jadi penasaran se-spesial apa hubungan antara Audy dan Rafael sampai-sampai daya ganteng Regan yang memikat Audy ngga terlihat semenarik Audy-Rafael di mata mba tammy.

    keep up the good work mba :)

    cheers :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja beli bukunya, pasti suka kayanya apalagi suka dengan buku Orizuka sebelumnya. Di sini artian 'banyak lelaki'-nya ga macem2 kok, justru buku ini lebih mengarah ke tema keluarga daripada romannya :)

      Delete
  3. Halooo... aku juga penikmat bacaannya Orizuka loh. Aku seneng banget dengan cara berceritanya yang anak muda banget. Tapi, sayang... aku belum baca novel ini.

    Reviewnya bener-bener menggoda iman. Saya jadi pengen baca novel ini cepet-cepet. Tapi, masalah kalimat yang membuat Jeng Tammy gerah *halah* alias kalimat, "Setelah lulus, aku akan segera mencari kerja di perusahaan besar untuk menghidupi diriku sendiri. Masa bodoh dengan keluargaku. Aku tak mau tenggelam dalam kemiskinan bersama mereka."

    Memang saya belum baca novel ini. Tapi, kalau membaca sekilas di review ini, saya rasa itu trik penulis loh. Mengurangi simpati pembaca pada satu adegan tertentu, lalu mengembalikan simpati pembaca melalui alur yang asyik di adegan-adegan berikutnya. Kalo diliat-liat bintang untuk novel ini banyak juga. itu berarti orizuka sukses untuk mengeksekusi novelnya.

    Oke deh, lainkali mari disambung sharing bersama lagi. :D

    Salam hangat,

    Nanda Febri
    @milo389
    febrifebruary03@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... bisa juga sepertinya. Soalnya pas baca itu agak down juga diawal-awal.

      Iyupz, novelnya bagus makanya banyak bintang bertebaran. Makasih ya udah mau sharing, aku jadi bisa tau persepsi kamu tentang bagian itu :D

      Delete
  4. hai mbak...salam kenal :)
    setuju dengan reviewnya..emang ni buku seru abis, bikin perasaan campur aduk dari senang ampe sedih semuanya berbaur.
    awal mula baca ni buku kesannya kocak tapi lama2 bikin nyesek. tapi gak bakal nyesel juga baca ni buku selalu bikin penasaran n gak bosen buat dibaca lagi.

    keep working :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Makasih ya udah menyempatkan baca dan komen :)

      Delete
  5. Buku ini ngehit banget dikalangan book blogger dan setelah membaca review banyak orang aku juga tertarik membaca buku ini.
    Aku sama sekalo belum pernah membaca buku karya Orizuka. Moga-moga Audy bakalan jadi pengalaman pertama yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Really love this book! Aku emg sllu suka karyanya kak Ori <3 Gak sabar nunggu buku selanjutnya XD Makasih uday review, I like it :D keep writing!

    ReplyDelete
  7. Hai Kak, salam kenal :-D

    suka banget sama novel-novel Orizuka, alurnya ringan-ringan. tunggu buku keduanya terbit, masih lama yah~_~ huhu. nice review! salam sukses :-D

    ReplyDelete
  8. sukaaaaa sukaaaa bangeet sama buku ini, awal baca sih sempat mau tutup novelnya karena malah teringat sama skripsiku juga lolololol
    ( hampir sama kaya audy soalnya XD )
    walaupun emang bener dibuku pertama romancenya kurang tapi ngga masalah karena udah terobati sama rafael :D
    dan ngerasa seneng juga, aku dapat bookmark yang rafael :))
    kalau ngga salah sisi romancenya emang nanti di sekuelnya kata mbak orizuka
    ngga sabar sama buku keduanya, masih nunggu tahun depan :')

    ReplyDelete