Tuesday, January 7, 2014

Liebster Blog Award


Saya sebetulnya tidak tahu yang pertama kali membuat postingan ini siapa, tapi sejauh ini saya sudah ditag oleh 4 orang blogger buku. Di antaranya: Lilis @ Rak Buku Lilis, Linda @ Reading With Archuleta, Mbak Lina @ Let Me Tell You a Story, dan Mbak Indah @ Indah's Book Dreamland.

Peraturannya mudah sebetulnya, seseorang yang ditag harus menjawab kesepuluh pertanyaan yang diajukan. Kemudian membuat sepuluh pertanyaan juga dan mentag balik pada blogger yang belum pernah membuat postingan Liebster Blog Award. Nah daripada berlama-lama, nanti postingan ini akan semakin panjang dan banyak. Lebih baik saya mulai saja.

A. Pertanyaan dari Lilis @ Rak Buku Lilis
1. Lebih suka film yang diadaptasi dari buku atau bukunya sendiri?
Tergantung, kadang ada yang lebih bagus bukunya ada juga yang lebih bagus filmnya. Tapi kalau disuruh pilih, saya pilih lebih suka bukunya sendiri. Contohnya: buku Confession of a Shopaholic menurut saya lebih bagus dan lucu ketimbang filmnya.

2. Waktu dan posisi baca Favorit?

Waktunya bisa kapan pun, tapi untuk posisi baca itu aku biasanya sambil setengah tiduran di kursi atau tengkurep di karpet XD

3. Buku berseri atau tidak?

Buku berseri

4. Buku favorit sepanjang masa dan penulis favorit?

Duh susah jawabnya. Buku favorit, banyak. Penulis favorit juga, banyak. Ya udah, aku pilih beberapa aja ya untuk penulis favorit: Lisa Jackson, J.K. Rowling, Meg Cabot, Jeffery Deaver (dan lainnya *dikeplak*)

5. Audio book atau e-book?

e-book

6. Buku yang sudah lama ditimbunan, tidak pernah tersentuh dan mengapa belum membacanya?

Good Thief - Hannah Tinti. Bukunya tebeeeellll banget dan gak tau kenapa belum mood aja bacanya ._. 

7. Pernah berharap menjadi tokoh/karakter dibuku? Jika ada, siapakah tokoh/karakter tersebut?
Berhubung saat ini saya sedang baca Ruby Red, saya pikir jadi Gwendolyn itu keren! Karena bisa berpindah ke masa lalu dan melihat sejarah yang sebenarnya.

8. Tokoh Antagonis yang paling memorable?

Voldemort :))

9. Amore atau buku dari seleb tweet?

Amore

10. K-lit atau Chick Lit?

Dua-duanya suka. Gimana dong? gak mau milih ya T_T

B. Pertanyaan dari Linda @ Reading With Archuleta
1. Sebutkan buku (boleh lebih dari satu) yang bikin kamu susah move-on di tahun 2013!
Wonder - RJ. Palacio dan The Thirteenth Tale - Diane Setterfield

2. Penulis yang selalu kamu tunggu karya-karyanya, yang bukunya langsung kamu beli (nggak peduli mau bagus atau nggak nantinya)?

Lisa Jackson dan Eriko Ono

3. Sebutkan buku (boleh lebih dari satu) yang bikin kamu kecewa, padahal tadinya kamu kira buku itu akan luar biasa!

The False Prince - Jennifer A. Nielsen

4. Historical Romance atau New-Adult?

Historical Romance

5. Pas baca buku serial, pilih mana: nunggu sampai buku terakhir terbit dan punya dulu baru mulai baca atau langsung baca meskipun serinya belum lengkap?

Yang mana gak masalah, asalkan berurutan pasti saya baca. Gak ngaruh bukunya udah lengkap atau belum.

6. Film adaptasi yang menurutmu sama kerennya atau lebih keren daripada bukunya?

Saya anggap trilogi Lord of the Rings itu keren walaupun saya belum baca bukunya *plak*

7. Film adaptasi yang mengecewakan?

The Confession of a Shopaholic, The Mortal Instruments.

8. Suka baca genre horor? Kalau iya, sebutin buku yang berhasil buat kamu ketakutan dan nggak berani ke kamar mandi sendiri.

Horor masuk thriller kan? Saya ngeri sama deskripsi berlebihan tentang mutilasi di Out - Natsuo Kirino, gak sampe takut ke kamar mandi sih. Cuma sampe pengen muntah aja pas baca T_T

9. Buku yang paling kalian tunggu-tunggu rilisnya?

Saya nunggu Born to Die, Afraid to Die, dan Ready to Die dari Lisa Jackson untuk diterjemahkan di Indonesia :D

10. Buku (boleh lebih dari satu) yang mendeskripsikan kamu!

Saya gak pernah membandingkan dengan buku. Jadi, pertanyaan ini jelas bikin saya bingung. Mungkin saya itu clumsy-nya mirip Gwendolyn di Ruby Red XD

C. Mbak Lina @ Let Me Tell You a Story
1. Siapa karakter paling menyebalkan yang pernah kamu baca selama ini?
Saya gak suka Akiva di Daughter of Smoke and Bone. Hahaha! *dikeplak fansnya Akiva*

2. Sebutkan 1 buku yang menurut kamu overrated?

Fantastic Mr. Fox - Roald Dahl

3. Sebutkan 1 buku yang menurut kamu underrated?

Crying 100 Times - Kou Nakamura

4. Apakah tahun ini ada buku yang gagal diselesaikan? Mungkin bukunya tidak sesuai harapan, terlalu membosankan, dll.

Ada 1. Buku biografinya Che Guavara. Gak selesai.

5. Genre buku favorit kamu?

Fantasi, Thriller, Suspense, Romance, Young Adult. Hmm... omnireader sih.

6. Pernahkan kamu mengalami book hangover dan buku apa yang berhasil membuatmu mengalami hal tersebut?

Wonder - RJ. Palacio dan The Thirteenth Tale - Diane Setterfield

7. Berapa rata-rata buku yang mampu kamu baca dalam sebulan?
Biasanya sih 10 bukuan, tapi mungkin bisa kurang atau lebih juga.

8. Apakah ada karakter pendukung yang menurut kamu lebih keren dari karakter utama?

Saya lebih suka Gale daripada Peeta. Sekian.

9. Selama mereview, pernah nggak, ketemu buku yang merasa sulit di review?

Ada. Kalo bukunya gak sesuai perkiraan, terus harus cari kalimat-kalimat kritik yang pas supaya gak menyinggung.

10. Kamu termasuk penimbun buku atau tidak? Seberapa parah kalau lagi ada obralan?

Saya sepertinya gak perlu jawab yang ini. Biarkan meme Buying Monday yang berbicara. Wkwkwk.

D. Pertanyaan dari Mbak Indah @ Indah's Book Dreamland
1. Siapa pengarang fave kalian? Dan mengapa kalian menyukai karyanya dan apa yang membedakan dia dengan pengarang lainnya?
Saya suka Lisa Jackson untuk tulisan genre romantic suspense-nya. Karena biasanya alur ceritanya bagus.

2. Buku apa yang paling berkesan? dan apa yang membuatnya berkesan?

The Thirteenth Tale - Diane Setterfield. Ceritanya keren dan alurnya rapi. Mbak Indah coba deh baca XD

3. Kalau kalian bisa 'menyicipi' sekilas kehidupan dari tokoh yang pernah kalian baca di buku, karakter mana yang akan kalian pilih, dan mengapa dia?

Karena lagi baca Ruby Red, saya pengen coba menjadi Gwendolyn yang terus berpindah ke masa lalu.

4. Buku mana yang sekelar membacanya membuat kalian merasa telah membuang waktu dengan percuma? apa yang membuat kalian merasa demikian?

Selamat Datang, Cinta-nya Odet Rahma. Ceritanya sinetron banget dan deksripsi panjang di dalam bukunya bikin bosen.

5. Kutip donks bagian paling berkesan dari buku yang pernah kalian baca, dan mengapa kalian memilih kalimat itu?

Saya suka kutipan di bawah ini. Sebetulnya itu diambil dari postingan Book Kaleidoscope 2013, tapi saya suka kata-katanya. Karena sebetulnya saya itu memang orang yang suka menunda-nunda, jadi pas baca kutipan itu berasa ditampar :v


6. Hal-hal apa yang menjadi pertimbangan dalam membeli buku? Dan seberapa penting rekomendasi dari orang yang telah membaca buku tersebut?

Saya sih suka ngintip Goodreads dulu sebelum beli buku, selain buku obral. Karena kalo buku obral pertimbangannya itu 'mumpung obral'. Dari beberapa review yang saya baca di Goodreads, biasanya saya bisa menentukan buku tersebut akan saya beli atau tidak.

7. Ada buku tertentu yang saking kerennya bikin kalian berharap kalian bisa menulis seperti itu?

Harry Potter atau Daughter of Smoke and Bone. Saya selalu pengen bisa bikin buku fantasi :))

8. Buku mana yang endingnya paling mengecewakan?

Saya jawab untuk buku yang saya baca 2 bulan kemarin aja ya. The False Prince. Twist ending-nya bikin agak kecewa.

9. Rekomendasiin donks 3 buku yang menurut kalian perlu bangets dibaca untuk sebanyak mungkin orang, dan kenapa kalian memilih ketiga buku itu?

Wonder - RJ. Palacio, The Thirteenth Tale - Diane Setterfield, dan The Chronicles of Audy 4R.

10. If you could meet your fave author, dead or alive, siapa orangnya, dan pertanyaan apa yang paling ingin kalian ajukan ke dia?

Hmm... saat ini belum ada pertanyaan :))

10 fakta tentang saya:
1. Moody
2. Gampang marah, tapi gampang baiknya lagi
3. Kalo ketemu orang baru lebih banyak diem dan mengamati
4. Gak suka orang yang suka ngatur-ngatur
5. Gak suka petir, tapi suka hujan
6. Suka ketiduran di bioskop kalo filmnya gak rame
7. Suka teh dan kopi
8. Jarang olahraga :))
9. Gak bisa tidur malem-malem
10. Makannya banyak

Saya tidak akan men-tag blogger untuk menjawab pertanyaan saya (kecuali Cizu. Hihihi). Jika ada yang ingin menjawab, silakan saja. Boleh di postingan blog atau berupa komentar di bawah postingan ini juga gak apa-apa, karena sepertinya sebagian besar sudah ikut . Ini 10 pertanyaannya:
1. Buku lokal atau terjemahan?
2. Roman atau fantasi?
3. Beli buku karena suka covernya atau karena sinopsisnya?
4. Berapa jumlah timbunanmu?
5. Buku anak/dongeng favorit?
6. Pilih teh atau kopi untuk menemani baca?
7. Buku fisik atau e-book?
8. Happy ending atau sad ending?
9. Manga atau novel grafis?

10. Buku rekomendasi dari teman yang membuatmu merekomendasikannya juga ke yang lain?

Blogger yang saya tag:
Cizu @ Pulau Buku

4 comments:

  1. Dih, beneran gue doank yang di-tag ._. Pake ditanya jumlah timbunan lagi. @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lain udah pada ikutan, Ciz. Lagian gak tau mau ngetag siapa lagi XD

      Gomennnnn...

      Delete
  2. timbunan tuh maksudnya apa? jumlah bukunya? aku minta link e-book dong kak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Timbunan itu buku yang belum dibaca.

      Maaf ya, Cynthia. Aku gak punya link ebook, googling aja :)

      Delete