Sunday, March 23, 2014

[Book Review #88] Simple Thinking About Blood Type & Ask Park Dong Sun

Penulis: Park Dong Sun
Penerjemah: Achie Linda
Penyunting: NyiBlo
Penerbit: Haru
Cetakan kedua, Januari 2014
Tebal: 262 halaman
ISBN: 978-602-7742-25-3
Rating: 4 dari 5 bintang
Bisa didapatkan di: Owl Book Store

Blurb:

Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, agama, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Bloodtype ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!

Review: 

Jika kamu pernah membaca komik strip tentang golongan darah yang beredar beberapa tahun yang lalu, buku Simple Thinking About Blood Type ini adalah buku cetak dari versi webtoon-nya dan memuat mengenai sifat-sifat berdasarkan golongan darah. Bukunya yang penuh dengan ilustrasi memudahkan siapa saja untuk memahaminya.

Simple Thinking About Blood Type ini terdiri dari 4 bagian, yaitu mengetahui sifat seseorang dari golongan darah, hubungan sosial antargolongan darah, cerita seru golongan darah, dan diary bergambar si cowok gila.

Komikus buku ini, Park Dong-Sun, membuat comic strip tentang golongan darah awalnya dari obrolan bersama dengan teman-temannya. Kemudian ia mencari tahu dari buku-buku yang berhubungan dengan golongan darah sehingga bisa membantunya untuk memahami orang lain. Karena menurutnya, sifat seseorang itu ditentukan dari perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, agama, kondisi ekonomi, dan juga golongan darah. Berikut adalah kesimpulan sifat dari masing-masing golongan darah.


Sifat orang bergolongan darah A:
Ia terbiasa dengan keteraturan (mulai dari kehidupannya hingga yang lainnya), peduli dan perhatian terhadap orang lain, ia pesimis, selalu berhati-hati, sabar, dan baik hati.

Tapi ia juga ternyata tergolong sulit beradaptasi dalam lingkungan sosial yang cepat berubah.


Sifat orang bergolongan darah B:
Ia tidak suka ikut campur dalam masalah orang lain, ia juga tidak suka dengan keteraturan sehingga orang bergolongan darah B mempunyai jiwa yang bebas. Jika suka terhadap sesuatu, ia akan melakukannya terus menerus tanpa peduli dengan orang lain. Ia suka mengutarakan pikiran dengan bebas, bersifat terbuka, memiliki banyak ide, jujur, tulus, dan optimis.

Selain itu, orang bergolongan darah B apatis terhadap masalah dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan sekitar. Ia juga mudah berubah pikiran, tapi ia tergolong ramah.


Sifat orang bergolongan darah O:
Semangat hidupnya tinggi, idealis sekaligus realistis, bersungguh-sungguh dengan tujuannya, namun jika motivasinya hilang tujuannya akan menjadi kabur.

Ia suka mengatur, cenderung berkonsentrasi dengan satu pekerjaan, jujur, tegas, percaya diri, memiliki banyak ide, emosional dengan keberanian yang nihil.


Sifat orang bergolongan darah AB:
Orang bergolongan darah AB biasanya sifatnya adalah campuran dari golongan darah A yang tenang dan stabil, juga golongan darah B yang plin-plan.

Ia tergolong realistis, sifatnya dingin dengan kemampuan negosiasi yang baik. Termasuk ke dalam kritikus yang berbakat dan pandai memberikan saran. Tapi, ia tidak suka jika privasinya dilanggar, ia aneh, sentimental, dan kadang menganggap remeh orang lain.

Kebetulan golongan darah saya adalah O. Dan setelah melihat dari sifat di atas juga setelah saya membaca buku ini, sekitar 90% dari sifat-sifat yang tertera itu benar dan hanya 10% saja yang meleset XD

"Menurutku, tidak baik bila tiba-tiba menanyakan golongan darah seseorang saat pertama kali bertemu. Kuharap kita tidak berpendapat bahwa kepribadian seseorang semata tergantung pada golongan darahnya." - hal. 97

Saya suka dengan ilustrasi golongan darah yang digambar oleh Park Dong-Sun. Ia memilih cara yang mudah dalam menjelaskan mengenai golongan darah ini dengan komik strip. Saya juga suka dengan Haru yang mencetak buku ini secara penuh warna di setiap halamannya, sehingga membuat ilustrasinya terkesan hidup dan menarik.

Karena bentuknya komik, saya dengan mudah menyelesaikan buku ini. Beberapa bagiannya bahkan menjadi favorit saya. Dari seluruh ceritanya, buku ini saya rekomendasikan untuk yang ingin memahami karakter orang lain berdasarkan golongan darah. Bukunya bermanfaat, lucu, dan ilustrasinya mudah dipahami. 4 bintang untuk Simple Thinking About Blood Type. Semoga Haru cepat menerbitkan buku lanjutannya :D



Nah, belum cukup sampai review saya saja. Berhubung beberapa minggu lalu saya dihubungi oleh Haru untuk berpartisipasi dalam event ASK Park Dong Sun, saya langsung membalas e-mail Haru beserta pertanyaan yang ingin diajukan oleh saya.

Dari tiga pertanyaan yang diajukan, hanya dua pertanyaan saja yang dijawab oleh Park Dong Sun karena sepertinya pertanyaan saya yang ketiga terlalu merepotkan bagi Park Dong-Sun XD

1. Apa Anda mengalami kesulitan dalam pembuatan komik ini?

Saya mendapatkan bahan cerita dari kehidupan sehari-hari. Namun karena harus disesuaikan dan mengharuskan memunculkan semua golongan darah, tidak mudah untuk mencari bahan ceritanya.

Kesulitan lainnya... karena mulai dari konsep cerita, sketsa, membikin garis panel, pewarnaan, sampai membuat “speech bubbles” (membuat ruang untuk percakapan) saya mengerjakannya sendiri, jadi membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Mengapa Anda memilih membuat komik dalam menjelaskan tentang golongan darah? Kenapa tidak buku non fiksi saja?

Sejak dulu saya suka mengekspresikan sesuatu melalui gambar dan saya memiliki kepercayaan diri dengan itu. Di samping dapat menyampaikan isi cerita, sebuah gambar punya kekuatan yang besar untuk memberikan makna yang mendalam.

Semoga jawaban dari Park Dong-Sun bisa membantu kamu untuk lebih tahu tentang buku ini.


Sumber semua gambar dalam postingan ini: dari sini

No comments:

Post a Comment