Friday, March 28, 2014

[Book Review #90] Love & Misadventure

Penulis: Lang Leav
Penerbit: Andrew McMeel Publishing
Format: e-book
Tahun rilis: 2013
Tebal: 78 halaman
ISBN: 978-1-4494-5647-4
Rating: 3 dari 5 bintang


Blurb:

Lang Leav is a poet and internationally exhibiting artist. Awarded a coveted Churchill Fellowship, her work expresses the intricacies of love and loss. Beautifully illustrated and thoughtfully conceived, Love and Misadventure will take you on a rollercoaster ride through an ill-fated love affair- from the initial butterflies to the soaring heights- through to the devastating plunge. Lang Leav has an unnerving ability to see inside the hearts and minds of her readers. Her talent for translating complex emotions with astonishing simplicity has won her a cult following of devoted fans from all over the world.


Review:

Oke... menulis review ini agak terlalu berani untuk saya yang memang jarang membaca atau mengerti tentang puisi. Dan sejujurnya, puisi yang ditulis oleh Lang Leav ini jauh dari ekspektasi awal saya tentang bagaimana puisi itu biasanya ditulis. Saya pikir puisi itu kalimat-kalimatnya penuh dengan metafora dan majas lainnya yang membuat kita berpikir beberapa kali saat membacanya. Tapi ternyata ada juga yang kalimatnya simpel, tanpa perlu berpikir lama saya sudah mengerti maksudnya. Seperti buku ini...

Love & Misadventure merupakan buku kumpulan puisi karya Lang Leav yang berisi tentang pertemanan, tentang suatu hubungan dengan rasa cinta, takut dan cemburu, saat-saat senang dan bahagia, dan juga bagaimana perasaannya yang digambarkan dengan jelas pada seseorang yang ia cintai.

Buku ini terdiri dari 3 bagian, yaitu Misadventure, The Circus of Sorrow, dan Love. Dalam ketiga bagiannya, Leav menyisipkan ilustrasi cantik yang menggambarkan tokoh dalam buku tersebut (yang saya pikir, sosok itu adalah dirinya sendiri).

Ilustrasi dari dalam bukunya. Digambar oleh Lang Leav

Masing-masing penyair biasanya memiliki gaya penulisan sendiri, begitu juga dengan Lang Leav. Keseluruhan puisinya singkat, ada yang berima dan ada pula yang seperti sebuah paragraf cerita pendek. Tapi karena temanya tidak berat, saya jadi bisa memahaminya dengan mudah. 

Dari dalam buku ini, saya menyukai dua puisi di bawah ini. Dua-duanya berada pada bagian kedua, The Circus of Sorrow. Tapi sengaja dipisahkan untuk memberikan efek penasaran, karena awalnya saya memang tidak tahu bahwa puisi tersebut tenyata bersambung ke puisi kedua. Namun, karena judulnya saling terkait saya jadi bisa menemukan koneksi antara kedua puisi tersebut dan bagaimana perasaan hangat yang Leav rasakan setelah mendapatkan jawaban tersebut :D

A Question

It was a question I had worn on my lips for days—like a loose thread on my favorite sweater I couldn't resist pulling—despite knowing it could all unravel around me.
“Do you love me?” I ask.
In your hesitation I found my answer.

An Answer

To choose from
there were many;
among them,
there were some.
And of those I loved you,
more than any—
but not as much
as one.
 


Saya menikmati beberapa puisinya, tapi beberapa lainnya ada yang terasa janggal, pemilihan katanya dipaksakan, dan ada pula yang kata-katanya aneh. Isi puisinya juga kadang terlalu singkat sehingga saya tidak menangkap maksudnya. 3 bintang saja untuk Love & Misadventure. 

Review ini diikutsertakan dalam:
- Posting Bareng BBI dengan tema Puisi
- Young Adult Reading Challenge 2014
- Indiva Readers Challenge

7 comments:

  1. ilustrasinya bagus ya... kebayang kalo dijadiin postcard kayanya keren #salahfokus oiya sering denger hype tentang buku ini, jadi cukup penasaran juga :)

    ReplyDelete
  2. Bagus ya puisi barsambungnya, ilustrasinya juga lucu

    ReplyDelete
  3. belum kesampaian untuk punya buku ini.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Untuk ebook, coba ke Google Play Books. Untuk buku cetak, bisa coba dilihat di Periplus :)

      Delete
  5. Aku juga baca e-book. Berhubung karena isinya puisi, dan bisa dipastikan dalam sekejap langsung baca siap. Maka, aku cuma beli e-book. sayang sih kalo beli buku.
    Hehe.
    Uda baca karya Lang Leav yang baru?
    Lullabies judulnya. Covernya jauh lebih keren loh dari buku ini.

    starlibrary.wordpress.com

    ReplyDelete