Thursday, November 28, 2013

[Book Review #46] Chosen to Die

Penulis: Lisa Jackson
Penerjemah: Hindrina Perdhana Sari
Penyunting: Sylfentri
Penerbit: Dastanbooks Indonesia
Cetakan 1, Juni 2013
Tebal: 436 halaman
ISBN: 978-602-247-097-7
Rating: 4 dari 5 bintang
Harga: Rp. 19.168 sale di dastanbooks.com

Blurb:

Di Pegunungan Bitterroot, Montana, Pembunuh Rasi Terkutuk menculik para wanita dengan membuat korbannya mengalami kecelakaan, lalu menyelamatkan dan menyembuhkan luka-luka mereka, untuk kemudian membiarkan mereka mati kedinginan terikat pada pohon di hutan dengan meninggalkan pesannya. Detektif Regan Pescoli yang menangani kasus tersebut juga menghilang.

Nate Santana, pria yang tertarik dengan Regan, tahu bahwa ada yang sangat salah begitu tahu wanita itu menghilang. Bersama Selena Alvarez, rekan Regan, Nate berusaha mencari Regan. Semakin dalam penyelidikan Nate dan Selena, semakin jelas bahwa Regan telah diculik si pembunuh.


Mampukah Nate dan Selena menemukan Regan serta menangkap si pembunuh? Akankah Regan mampu bertahan dalam ancaman maut? Detik demi detik yang berlalu semakin mendekatkan Regan pada kematian yang beku.

Review:

Buku ini adalah buku kedua dari seri Montana - To Die. Lisa Jackson adalah salah satu penulis favorit saya dari bukunya yang bergenre Romantic Suspense. Sebetulnya saya belum pernah baca Left to Die dan langsung loncat ke buku keduanya, dan itu baru saya sadari setelah saya baca buku ini. Walaupun bukunya berhubungan, sepertinya tidak apa-apa jika tidak membaca buku pertamanya terlebih dahulu. Namun rasa penasaran saya akan buku pertamanya membuat saya gregetan dan menyesal kenapa gak baca dulu Left to Die *malah curhat* XD


Detektif Regan Pescoli sedang menyelidiki kasus pembunuh rasi bintang yang sampai saat itu belum ditemukan siapa tersangkanya. Ia mengendarai mobilnya di suatu malam saat musim dingin untuk menjemput kedua anaknya yang diambil oleh mantan suaminya. Karena mantan suaminya bersikeras untuk mengambil hak asuh kedua anaknya, Jeremy dan Bianca.

Di tengah jalan, ia merasakan ban belakang mobilnya di tembak seseorang sampai keluar jalur dan jatuh ke dalam jurang. Regan menyadari sesuatu. Cara yang dilakukan orang itu dalam menembak ban mobilnya, sama dengan cara pembunuh rasi bintang untuk menculik korbannya, berpura-pura menyembuhkan luka, memberikan perlindungan sesaat pada korban, lalu akhirnya ditinggalkan telanjang sambil diikat pada pohon dan dibiarkan mati membeku. Ia mencoba untuk membela diri, tapi tetap saja ia jatuh ke tangan pembunuh rasi bintang disekap di sarang pembunuh.


Pembunuh rasi bintang memang sudah memperhitungkan Regan dalam misinya untuk menyampaikan pesan pada dunia. Inisial Regan cocok dengan pesan pembunuh rasi bintang yang belum lengkap. Dan dibalik penculikan Regan tersebut, pembunuh tersebut ternyata memang memiliki tujuan lain selain itu.


Nick Santana adalah pacar rahasia Regan. Walaupun hubungan tanpa status yang sekarang ini dilakukannya dengan Regan, ia merasa sangat khawatir saat mengetahui Regan hilang dan mobilnya ditemukan sama seperti keadaan mobil korban pembunuh rasi bintang. Di samping itu, walau ditentang polisi untuk ikut campur, saat kemudian bosnya pun terbunuh ia mulai menyelidiki sendiri kasus ini dan siapa dalang dibaliknya.



"Bintang-bintang tidak berada dalam posisi yang seharusnya, namun aku tidak dapat menunggu." - hal. 152

Pengalaman saya membaca buku ini betul-betul membuat saya lupa makan dan tidur. Konflik yang memang ditulis dari awal sampai akhir membuat buku ini seru dan menebak-nebak dari awal tentang siapa sebetulnya pembunuh rasi bintang itu. Sebetulnya Lisa Jackson sudah menyebutkan satu nama yang terus disebutnya dari awal sampai akhir, tapi saya benar-benar tidak bisa menebaknya sampai saat ia mengungkapkan siapa pembunuh rasi bintang tersebut.


Sebetulnya, saya tidak tahu mengapa pembunuhnya disebut sebagai pembunuh rasi bintang karena memang saya tidak membaca buku pertamanya. Saya juga tidak begitu mengerti dengan ilmu astronomi. Tapi dari hasil googling, saya mendapatkan bahwa bahwa salah satu kata dalam pesan yang diduga oleh polisi adalah scorpion atau kalajengking berhubungan dengan orion yang merupakan suatu rasi bintang yang sering disebut-sebut sebagai sang Pemburu.


"Dalam salah satu versi, Orion menganggap dirinya sebagai pemburu terbesar di dunia. Hal ini terdengar oleh Hera, istri Zeus, dan dia memutuskan untuk mengirim kalajengking pada Orion. Orion pun disengat hingga mati oleh kalajengking itu. Zeus menyesali hal ini dan menempatkan Orion di langit. Kalajengking itu pun juga ditempatkan di langit, sebagai rasi bintang Scorpius. Fakta yang cukup menarik bahwa saat satu dari dua rasi bintang ini terbit dari horison, rasi yang lain akan sudah terbenam. Dengan demikian dua pesaing ini tidak akan pernah bertemu kembali." - Sumber: wikipedia

Buku ini mengambil dua sudut pandang yang berbeda, yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Ini yang membuat menarik bukunya. Lisa Jackson justru membuat pembunuh rasi bintang menjadi POV1 (aku) dan membuat saya bertanya-tanya mengapa harus demikian padahal sama sekali tidak ada yang spesial dari pembunuh rasi bintang tersebut.

Untuk terjemahannya, saya gak pernah khawatir tentang kualitas Dastan. Terjemahannya bagus dan kalimatnya mengalir, ditambah lagi layout yang padat yang menjaga agar bukunya tetap tidak tebal. Alur bukunya cepat sampai saya tidak menyadari detail-detail remeh dan terus terbawa arus cerita buku ini. Beberapa reviewer di luar sana memang menyebutkan adanya beberapa inkonsistensi yang ada dalam buku ini, saya justru tidak menemukannya.

Adegan favorit sekaligus yang paling membuat saya menahan nafas karena tegang adalah pada saat Regan bisa melepaskan diri (sementara) dan menghajar pembunuh rasi bintang. Makanya, karakter yang paling saya ingat dalam buku ini adalah Regan yang sekaligus berperan sebagai heroine. Perjuangan Regan dari awal sampai akhir membuat saya kagum. Dominannya Regan dalam buku ini justru membuat pesona Nick agak tenggelam. Berbeda dengan Regan, saya melihat Nick malah seperti pahlawan kesiangan yang sebetulnya posisinya tidak penting-penting amat. Tapi karena genrenya romantic suspense yang mengharuskan ada romannya walau sedikit, Nick tetap ada :p

PR tambahan setelah selesai membaca buku ini adalah saya harus membaca buku pertama dan terakhirnya XD

Seri Montana - To Die:
1. Left to Die
2. Chosen to Die
3. Born to Die

9 comments:

  1. wah, aq blm sempat baca buku kedua, nunggunya kelamaan banget dari buku pertama, jadi ditimbun dulu sekalian nunggu kelanjutannya rilis biar tdk penasaran :D
    btw, pernah baca karen rose, coba seri daniel vartanian, bagus banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baca Karen Rose dan Beverly Barton juga selain Lisa Jackson. Iya, suka seri yang Daniel Vartanian XD

      Delete
  2. Penasaran sama Lisa Jackson. Terjemahannya Ok kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Kalo Dastan oke kok terjemahannya :D

      Delete
    2. Tapi cetakannya yang kadang kurang oke. Penasaran deh sama yang satu ini

      Delete
  3. wah seru sepertinya...genre ini agak jarang jadi bacaanku :D cuman covernya Dastan itu emang rada horror ya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena ceritanya thriller jadi dipilih yang horor-horor covernya :))

      Delete
  4. wah terjemahanna enak ya? kebanyakan teman-teman mengeluh hasil translasi dari pennerbit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya? Aku sih selama baca buku Dastan baik-baik aja. Mungkin akunya yang aneh ya :|

      Delete