Wednesday, December 4, 2013

Dare to Say #1


Tertarik dengan postingan meme yang digagai oleh Chei di blognya Me: Book-admirer, saya mau ikut coba posting Dare to Say yang pertama.

Jadi, apa itu Dare to Say? Meme ini adalah ajang untuk menceritakan mengenai sebuah buku yang kamu baca dan ternyata tidak sesuai dengan dugaan kamu sebelumnya, apakah itu overrated atau underrated. Overrated adalah dimana orang lain menilai buku itu bagus dan merekomendasikannya pada kita, namun setelah kita membacanya ternyata bukunya biasa aja atau malah tidak bagus sama sekali. Dan underrated adalah kebalikannya.

Nah, saya kali ini akan membahas buku yang dikategorikan overrated karena seseorang telah merekomendasikan pada saya di Goodreads dan kebetulan saya menemukan bukunya, tanpa basa-basi saya langsung membelinya karena berbekal rekomendasi tersebut. Buku itu adalah Fantastic Mr. Fox yang ditulis oleh Roald Dahl.

Review: di sini
Opini saya tentang cerita buku ini terangkum dalam review saya sebelumnya. Saya menyayangkan bahwa pesan moral yang ingin disampaikan justru gagal. Padahal ini buku anak-anak dan mencuri untuk kebaikan atau kejahatan pun tetap sama... itu adalah mencuri. Apa pun itu tidak baik...


Nilai akhir saya untuk buku ini adalah 2 bintang (overrated).

Tapi bagi saya, satu buku itu bukan patokan untuk buku lainnya. Saya sih masih penasaran dan pengin baca buku Roald Dahl lainnya, apalagi saya suka sekali dengan film Matilda yang pernah ditayangkan di TV Indonesia. Mudah-mudahan saya bisa membaca buku itu secepatnya *malah curcol* XD

Mau ikutan Dare to Say juga? Ini caranya:
  • Follow Me:Book admirer atau tambahkan di blogroll kamu. Bisa juga follow lewat email :)
  • Buat posting tentang buku yang kamu baca dan ternyata tidak sesuai dugaan, harapan, rating GR, rekomendasi teman, baik lebih bagus atau lebih jelek. Kasih tau apa yang awalnya kamu harapkan (rating awal) dan apa yang kamu dapatkan (rating akhir). Underrated or overrated? :)
  • Oh ya, boleh juga kok kalau kamu mau share pengalaman kamu tentang komen yang muncul soal buku yang udah kamu baca/review. Banyak yang menganggap kamu menilai suatu buku terlalu rendah/tinggi? Silahkan sampaikan pembelaanmu dengan baik :D
  • Masukkan link postingan kamu ke Mr.Linky yang sudah disediakan di akhir post. Kalau mau, boleh tambahkan button ‘Dare to Say’ juga di postinganmu :D
  • Penasaran pengen baca pengakuan para pembaca buku, kan? Rajin-rajin ya, berkunjung ke sesama peserta! ;)

4 comments:

  1. Huahh.. aku malah belum baca buku ini, pengen sekalian buat RC Kak Astrid, ada filmnya kan ya?
    Tapi susah sih, aku pengennya kebetulan aja nonton di TV, gak suka download atau beli DVD
    #malahcurhat
    Maaf ya baru sempet mampir, Tammy >,<
    Ikutan lagi dong bulan ini #tetepPromo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada filmnya? Baru tau malah :O

      Iya, InsyaAllah ikut lagi nanti. Mikir dulu mau posting buku yang mana XD

      Delete
  2. Hmmm, dulu sekali ak pernah baca Roald Dahl yg The Twits. Kesannya dulu juga pesan moralnya gagal tersampaikan dan ceritanya terlalu suram buat anak-anak.

    Tapi ak setuju kalau mungkin buku yang lain ga kayak gitu dan ak juga masih penasaran pengen baca karya Roald Dahl yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ira. Nanti baca Roald Dahl bareng yuk :D

      Delete